REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi XI DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sekaligus pengambilan keputusan akhir terhadap calon Gubernur Bank Indonesia (BI), Rabu (28/3). Komisi di DPR yang membidangi keuangan dan perbankan itu akan menguji Perry Warjiyo selaku calon tunggal Gubernur BI pilihan Presiden Joko Widodo.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyatakan, proses fit and proper test sebaiknya dilakukan dengan melakukan penggalian yang dalam atas kemampuan Perry Warjiyo dalam memimpin BI untuk 5 tahun ke depan. Menurutnya, fit and proper test harus difokuskan pada tugas dan kewenangan Gubernur BI.

“Yakni bagaimana menjaga stabilitas harga bisa dikendalikan dengan baik sehingga inflasi bisa terkendali. Bagaimana kebijakan operasi moneter bisa dilakukan dengan tepat sehingga volatilitas nilai tukar rupiah bisa dikendalikan bila dibandingkan dengan nilai kurs dolar AS dan mata uang kuat lainnya di dunia,” ujar Misbakhun melalui pesan singkat, Selasa (27/3).

Selengkapnya

LEAVE A REPLY