Jakarta – Anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun berharap nama yang akan diusulkan menjadi calon Gubernur Bank Indonesia (BI), harus memiliki pengalaman, satu visi dan sehati dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga bisa bekerja bersama. “Sehingga mengerti vibrasi getaran hati Bapak Presiden Jokowi mengenai arah kebijakan ekonomi moneter ke depan seperti apa,” kata Misbakhun melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan kandidat calon Gubernur BI sudah semestinya loyal kepada Presiden Jokowi selaku kepala negara sehingga kebijakan moneter bank sentral bisa sinkron dengan kebijakan fiskal pemerintah. Hal itu, menurut dia, agar kebijakan moneter dan fiskal membuat pertumbuhan ekonomi bisa menopang kesejahteraan rakyat. “Calon Gubernur BI mendatang sebaiknya figur yang bersih dari pengaruh kekuasaan sebelumnya.

Dengan demikian gubernur BI yang baru nanti tidak punya rekam jejak dengan kekuasaan masa lalu,” ujarnya. Politisi Partai Golkar itu menegaskan jangan sampai calon Gubernur BI memiliki agenda tersembunyi kebijakan di bidang moneter yang akan menggerogoti kebijakan ekonomi nasional yang digariskan Presiden dengan bersembunyi di balik alasan independensi BI dalam merumuskan kebijakan moneter.

Selengkapnya

LEAVE A REPLY